>SELAMAT DATANG DI "Yayaz Blog" (yayaz-gunnerz.blogspot.com)

Senin, 13 Februari 2012

Liga Arab Desak PBB Kirim Pasukan ke Suriah


Kairo - Konflik di Suriah tiada berkesudahan. Liga Arab pun kehilangan kesabaran mereka. Organisasi negara-negara Arab itu mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengirimkan pasukan gabungan PBB-Liga Arab ke Suriah.


Desakan pengiriman pasukan perdamaian itu tertuang dalam draft resolusi mengenai Suriah yang dibicarakan dalam pertemuan para Menteri Luar Negeri (Menlu) Liga Arab di Kairo, Mesir. Pertemuan yang digelar Minggu, 12 Februari itu khusus untuk membahas situasi di Suriah.

Dalam draft seperti diberitakan Press TV, Senin (13/2/2012) juga diserukan untuk menghentikan semua bentuk kerja sama diplomatik dengan Suriah adanya "sanksi-sanksi ekonomi yang lebih berat" terhadap pemerintah Suriah.

Draft resolusi itu juga menyatakan, Liga Arab akan "membuka saluran-saluran komunikasi dengan oposisi Suriah."

Menlu Arab Saudi Saud al-Faisal mengatakan dalam pertemuan tersebut, Liga Arab harus memberikan semua bentuk dukungan untuk oposisi.

Pertemuan Liga Arab itu terjadi dua hari setelah pejabat-pejabat Suriah mengatakan, 28 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam dua serangan bom mobil terhadap pos-pos keamanan di Kota Aleppo pada Jumat, 10 Februari waktu setempat.

Oposisi Suriah dan negara-negara Barat menuding rezim Presiden Bashar al-Assad melakukan kekerasan terhadap para demonstran sehingga menimbulkan ribuan korban jiwa. Namun rezim Assad mencetuskan, para pelanggar hukum, penyabotase dan kelompok-kelompok teroris bersenjata bertanggung jawab atas krisis di Suriah. 

Bahkan menurut rezim Assad, krisis itu didalangi dari luar negeri.

0 komentar:

Posting Komentar